Aplikasi Perekam Suara Android Paling Jernih

Kegiatan merekam suara merupakan salah satu aktifitas yang memang jarang dilakukan oleh para pengguna android. Setiap pengguna android tentunya memiliki alasan yang berbeda-beda saat merekam suara. Bisa jadi rekaman tersebut bertujuan tertentu, misalnya ingin bernyanyi, wawancara oleh para jurnalis, atau bisa juga ingin tilawah/mengaji Al Quran.

Perangkat android sebenarnya telah dilengkapi dengan fitur atau aplikasi ‘Record’. Tetapi aplikasi tersebut menghasilkan suara yang tidak sesuai dengan suara aslinya atau bisa dibilang kualitasnya kurang bagus. Jika smartphone Anda memiliki aplikasi perekam suara untuk android yang paling jernih atau berkualitas sangat baik, tentu hasil suara yang dihasilkan juga akan baik pula. Rekaman suara tidak hanya tergantung pada aplikasi saja, tetapi tergantung pula pada hadware record itu sendiri.

Aplikasi perekam suara di android sudah banyak dipasarkan di Play Store. Namun dari ratusan aplikasi tersebut, apakah Anda telah menemukan yang betul-betul dapat menghasilkan suara yang jernih ? Proses perekaman suara bisa dilakukan pada situasi bagaimanapun, bisa dilakukan dalam ruangan, di luar ruangan dan tidak menutup kemungkinan dilakukan pada situasi ramai. Dan berikut ini adalah aplikasi perekam suara android terbaik yang direkomendasikan yang bisa menghasilkan suara yang jernih Aplikasi yang Saya reviews kali ini diambil langsung dari Google Play Store yang tentunya sudah memiliki rating yang cukup baik. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak beberapa aplikasinya berikut ini.

Green Apple Studio
Aplikasi pertama yang bisa Saya rekomendasikan yakni perekam suara yang dikembangkan oleh Green Apple Studio. Aplikasi ini sangat jernih dalam merekam suara, tingkatan dari kualitas rekaman bisa diatur sesuai keinginan. Kualitas suara yang dihasilkan bisa ditur sesuai dengan keinginan mulai dari 9-44 kHz. Dan untuk jenis rekaman akan terbentuk dalam file berformat MP3 dan OGG. Antarmuka dari aplikasi ini amat simpel dan ringan saat dipakai.

Smart Voice Recorder
Aplikasi perekam suara berikutnya yakni Smart Voice Recorder yang dikembangkan oleh developers dari SmartMob. Aplikasi ini cukup baik dalam merekam suara manusia, sangat jernih, dengan kualitas yang sangat baik pula. Interface dari aplikasi Smart Voice Recorder amat cocok untuk pengguna tablet, namun bisa juga digunakan pada perangkat smartphone. Sudah tersedia pula fitur sharing yang dapat anda manfaatkan untuk berbagi rekaman melalui WhatsApp, Email, Dropbox, dan lainnya.

Splend Apps
Aplikasi perekam suara berikutnya yakni yang dikembangkan oleh Splend Apps. Aplikasi ini cocok untuk merekam berbagi moment penting seperti misalnya pertemuan bisnis, interview, ceramah keagamaan, pidato, konser musik, atau apa pun. Perekam audio ini menyediakan rekaman dengan kualitas tinggi tanpa batas waktu dan hanya dibatasi oleh ukuran memori. Perekam suara ini bekerja dengan cukup baik pada perangkat smartphone dan tablet, dengan dan juga tanpa penyimpanan memori eksternal.

AudioRec
Perekam Suara AudioRec merupakan aplikasi perekam android terbaik yang mampu merekam suara dengan kualitas yang amat baik. Perekam suara ini memiliki antarmuka yang amat intuitif dan mudah dipakai. Dengan perekam audio ini, Anda bisa merekam berbagai moment yang dianggap penting seperti konser musik, interview, pertemuan bisnis, meeting dengan klien, membaca Al Quran, dan hal menarik lainnya.

Voice Recorder HD
Voice Recorder HD adalah perekam ausio berfitur lengkap khusus untuk android dengan antarmuka yang mantap buat para pebisnis, audio profesional, sound engineer, wartawan, dosen, para pelajar atau mahasiswa dan siapa saja yang ingin mengelola memo suara. Voice Recorder HD memperingan dalam merekam suara dengan antarmuka yang simpel dan ramah pengguna. Perekaman menghasilkan audio kualitas tinggi dengan durasi yang cukup lama, didukung semua OS(Mac, WIndows, Linux, dll) untuk pemutaran, bisa diunggah ke Dropbox dari dalam aplikasi., bisa transfer berkas audio ke komputer (PC/Mac) menggunakan USB, sudah support mic eksternal untuk merekam suara jarak jauh dan simpel untuk digunakan.

Audio Recorder
Audio Recorder adalah aplikasi resmi Sony Audio Recorder. Aplikasi Audio Recorder ini mempermudah dalam merekam dan pemutaran audio pada perangkat smartphone atau tablet. Software ini tersedia fitur umum yang intuitif dan mudah untuk anda gunakan untuk merekam, pause, audio editing, pengaturan perekaman dan fungsi lainnya.

Perekam Suara Super
Perekam Suara Super merupakan aplikasi recording android yang super keren dan sangat berkualitas dikembangkan oleh MeiHillMan. Melalui Aplikasi ini, Anda dapat merubah suara menjadi audio MP3 dengan durasi yang tidak sebentar bahkan hingga berjam-jam. Aplikasi ini tersedia tujuh kualitas audio yang berbeda-beda, yang tentunya bisa Anda pilih sesuai keinginan. Anda juga bisa dengan mudah mengelola rekaman yang ada pada aplikasi ini. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang belajar menyanyi dan bisa dijalankan di latar belakang sehingga tidak menggangu aktifitas Anda. Selain itu ada juga Perekam Suara Super Love Kara. Kualitas aplikasi rekaman suara dari Love Kara ini sudah terbukti karena sudah jutaan pemakai android yang sudah menggunakan aplikasi ini dan sudah memberikan nilai positif. Selain itu format file yang dihasilkan bisa berformat mp3.

Easy Voice Recorder
Easy voice recorder sangat mudah untuk digunakan dan memiliki kemampuan yang luar biasa. Aplikasi ini mendukung format file MP4. AAC, 3GP, menggunakan AAMR dan format WAVE. Format output yang bisa digunakan pun mempunyai beberapa pilihan.


Smart Voice Recorder
Pengembang aplikasi ini telah mengkalim bahwa aplikasinya bisa digunakan untuk merekam kegiatan meeting yang lama atau bahkan merekam suara seseorang yang lagi tidur semalam suntuk. Aplikasi ini mudah untuk digunakan dan bisa berjalan pada background. Ia bisa menghasilkan suara yang sangat jelas tetapi dengan ukuran yang bisa dikatakan cukup ringan. Hasil audio yang telah direkam pun amat akurat dan menghasilkan kualitas yang tinggi (HQ). Kualitas suara yang dihasilkan bisa sampai ke level Smart 44 kHz. Kualitas tersebut hampir seperti rekaman profesional.

Miidio Recorder
Dengan aplikasi Miidia Recorder, Anda bisa merekam suara dengan format mp3 tanpa batas sehingga aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin akan hal itu. Kualitas suara yang dihasilkan juga sangat jernih.

Tape-a-Talk Voice Recorder
Berbagai manfaat bisa anda dapatkan dari aplikasi ini, anda bisa merekam catatan suara, merekam suara, memo audio dan juga merekam ausio di latar belakang, meskipun disaat layar mati. Anda dapat menyimpan hasil rekaman tersebut dalam bentuk foemat wav ataupun 3GP sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat dengan mudah mengirimkan hasil rekaman tadi melalu e-mail, FTP ataupun Dropbox.

FL Studio Mobile
Merupakan salah satu aplikasi terkenal dalam dunia perekaman audio dan aransemen musik. Software ini banyak digunakan para pelaku industri musik untuk merekam dan mengaransemen hasil karya lagu-lagu mereka. Dulunya untuk menggunakan software ini, harus menggunakan PC ataupun laptop. Namun, kini software tersebut juga dapat digunakan di smartphone Android. Meski sudah dirilis dalam versi mobile, namun aplikasi perekam suara ini hampir mirip dengan versi PC. Fitur perekaman suara yang dapat diatur sedemekian rupa dan aransemen musik tetap ada di dalam versi ini.

Music Maker Jam
Jika Anda ingin merekam dan mengaransemen musik dengan banyak genre musik maka aplikasi sound recording Music Maker Jam adalah jawabannya. Mempunyai ratusan gaya aransemen musik, Anda bisa mengeksplorasi kemampuan Anda dalam membuat musik yang sungguh enak didengar. Selain mengaransemen, Anda bisa menambahkan rekaman suara nyanyian dengan menggunakan fitur voice recording. Setelah melakukan perekaman suara, Anda juga bisa melakukan mix suara dengan musik yang tersedia dan dikustom sendiri.

Audio Evolution Mobile Studio
Aplikasi sound recording ini sangat dianjurkan untuk para ahli di bidang perekaman musik. Software ini merekam suara seperti biasa, yang nantinya dapat di-mix dan diatur. Tidak hanya itu, ada berbagai fitur efek yang sudah tersemat dalam aplikasi perekam audio ini. Nantinya bisa digunakan dalam aransemen musik. Tidak hanya itu, di dalam software ini juga terdapat metronome, sehingga Anda bisa merekam sesuai waktu yang diinginkan, dan masih banyak fitur lainnya lagi.

SunVox
SunVox juga termasuk aplikasi yang dapat memudahkan dalam membuat rekaman lagu atau musik sekelas studio rekaman. Tetapi, aplikasi sound recording ini mempunyai kekuatan dalam rekaman secara live. Selain itu, pada software ini juga terdapat drum synth yang memmpunyai ratusan suara serta efek-efek lainnya yang bisa melengkapi musik. Hasil dari rekaman pun dapat diekspor secara langsung ke dalam bentuk format MIDI track.

Hi-Q MP3 Voice Recorder
Jika Anda mencari yang simpel dan tak perlu banyak pengaturan yang membuat pusing, maka aplikasi perekam suara HI-Q MP3 Recorder ini bisa menjadi solusinya. Meski sederhana, tak semata-mata aplikasi sound recording ini tak punya kelebihan. Hasil rekaman yang diberikan justru sangat bagus dan jernih. Kamu juga dapat mengatur opsi, seperti kuat atau lemahnya suara, lama waktu, serta kualitasnya, dari biasa hingga format mp3 kualitas CD. Aplikasi ini mempunyai dua versi, ada yang free dan juga yang berbayar. Tapi, jika Anda belum mau membeli versi PRO, versi gratis dari aplikasi ini tetap bisa menghasilkan rekaman suara yang cukup berkualitas. Namun kekurangannya adalah rekaman hanya dibatasi untuk durasi 10 menit saja.


Recforge Lite
RecForge merupakan aplikasi dengan berbagai fitur didalamnya, anda mempunyai pilihan untuk mengedit track sendiri maupun mengkonfigurasi mutu suara hasil rekaman. Melalui fitur tersebut, Anda mempunyai kesempatan untuk menghasilkan hasil rekaman yang berbeda dan berkualitas tinggi.

RecForge II
RecForge II adalah salah satu aplikasi perekam suara yang cukup kompleks dan lebih mendalam. Saya tidak ingin mengatakan ini adalah aplikasi perekam suara untuk catatan karena rasanya aplikasi perekam ini sepertinya diciptakan untuk para pengguna yang lebih serius, seperti untuk industri rekaman musik. Software ini amat cocok untuk musisi yang menginginkan rekaman lewat android secara cepat. Aplikasi ini juga memiliki versi professional yang memberikan lebih banyak fitur.

Titanium Recorder
Titanium Recorder adalah pilihan aplikasi perekam audio yang benar-benar gratis dan menawarkan pengalaman sepenuhnya, bebas dari iklan yang akan membuat banyak orang tak terganggu. Anda bisa merekam dalam beberapa codec audio, serta dilengkapi dengan rekaman HD pada konfigurasi 16-bit atau 8-bit. Antarmukanya sangat mudah digunakan serta mempunyai banyak fitur standar seperti rekaman di latar belakang.

Voice Recorder by Mamoru Tokashiki 
Aplikasi perekam suara ini merupakan solusi sederhana bagi mereka yang hanya perlu sesuatu yang cepat. Aplikasi ini telah dikemas dalam aplikasi android bawaan sebagai "bloatware" di masa lalu, sehingga mungkin saja Anda sudah tidak merasa asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Anda dapat melakukan perekaman, berbagi file, dan mendengarkan kembali jika diperlukan dan juga dilengkapi dengan dukungan widget.

Voice PRO
Aplikasi perekam suara yang mahal, tapi Voice PRO dikemas dengan banyak fitur. Bisa dibilang aplikasi paling pro untuk rekaman dan editing audio di Android, dapat merekam di hampir semua format file audio modern, mencampur beberapa track secara bersama-sama, menghapus vokal, mengkondisikan gain masukan secara real time, impor dari YouTube, dan melakukan banyak hal lainnya.

Itulah beberapa aplikasi android perekam suara yang paling jernih yang bisa Anda pilih. Semoga saja Anda tidak bingung dan memilih aplikasi tersebut sesuai kebutuhan.

Back To Top